Business Plan Buket Bunga
1.
Executive Summary
Bentuk usaha dari bisnis kami adalah usaha kecil mandiri dimana modal untuk
usaha berasal dari kelompok kami sendiri. Usaha kami bergerak dalam bidang
florist yang menjual bouqet bunga yang
berbahan kertas dan juga kain flannel. Bisnis kami ini nantinya akan
kami promosikan melalui media online sehingga dapat memudahkan pelanggan dari
daerah lain yang ingin membeli bouqet bunga kami.
Sekarang ini melakukan bisnis bouqet
bunga merupakan kegiatan bisnis yang menjanjikan. Hal ini di karenakan
kebiasaan masyarakat yang selalu memberi bunga di beberapa kegiatan seperti
wisuda,anniversary,pernikahan dan sebagainya.Dari kebiasaan tersebut maka
muncullah berbagai macam jenis bouqet
bunga dengan berbagai kreasi . Pada umumnya bouqet bunga yang di jual oleh
kebanyakan orang berasal dari bunga asli yang di petik dari kebun. Namun sangat
disayangkan bouqet bunga tersebut tidak biasa bertahan lama karena bunga asli
lama kelamaan akan layu dan kalau sudah layu maka bunga tersebut nantinya akan
dibuang .
Dari masalah tersebut kami membuat
inovasi agar bunga tersebut tidak layu dan dibuang. Kami akan membuat bouqet
bunga yang berbahan dasar kain flannel dan kertas origami.Dengan begitu Bouqet
bunga dapat disimpan selamanya tanpa merasa takut nantinya bunga akan layu.
Selain itu kelebihan lainya yaitu kain yang digunakan untuk membungkus bouqet
merupakan kain yang berasal dari berbagai etnis daerah yang ada di Indonesia.
2. Konsep Bisnis
Pada umumnya hadiah merupakan hal yang sangat diinginkan oleh setiap orang.
Banyak bermacam-macam jenis hadiah yang ditawarkan sekarang ini, mulai dari
jam, tas, baju, bunga dan sebagainya. Hadiah bunga contohnya, dapat diberikan
pada saat ulang tahun, wisuda, anniversary dan lain-lain. Tapi bunga asli
biasanya tidak bertahan lama, dan ketika sudah layu bunga tersebut akan
dibuang. Bunga tersebut tidak dapat dipajang dan dijadikan kenang-kenangan.
Hadiah tersebut lama kelamaan sudah dianggap biasa. Sekarang Orang-orang butuh
hal kreatif yang dianggap beda dari yang lainnya. Oleh karena itu, orang-orang
sekarang banyak mencari hal yang kreatif dan dapat bertahan lama. Disini kami
membuat ide untuk menjual bouqet bunga yang menggantikan Bunga asli tersebut
dengan bunga dari bahan flannel dan kertas origami, dengan begitu bunga yang
dijadikan sebagai hadiah tersebut dapat bertahan lama. Selain itu, bunga
tersebut juga dibalut dengan kain-kain yang berasal dari berbagai daerah di
Indonesia. Dengan begitu, tujuan kami dari membuat usaha ini tidak hanya untuk
keuntungan semata, tetapi juga untuk melestarikan kain-kain yang berasal dari
daerah di Indonesia.
Visi :
Melestarikan kesenian Indonesia dan memoderenkan penjualan bunga
Misi :
1.
Menjadikan produk kami menjadi
kebutuhan dalam acara penting seperti wisuda atau pernikahan
2.
Menggunakan
kain kain tradisional untuk di kombinasikan dengan produk kami
3.
Mempermudah desain order
dengan penggunaan aplikasi
Tujuan
1.
Mendapat keuntungan dari usaha
ini
2.
Melestarikan
kain-kain dari berbagai daerah
3.
Memberikan
ide–ide kreatif dalam mengembangkan usaha dengan kreativitas terutama
dalam pembuatan bunga yang terbuat dari kain flanel.
3. Analisis Market
ANALISIS SWOT
1. Faktor Internal
a. Strength (Kekuatan)
· Keunggulan produk
Keunggulan dari produk adalah bunga dapat disimpan lama dan juga harga yang lebih murah di bandingkan dengan bouqet bunga yang menggunakan bunga asli.
· Kreativitas
Kreativitas produk terdapat pada jenis bahan yang digunakan untuk membuat bunga yaitu kain flannel dan kertas origami serta kain pembungkusnya yaitu kain motif etnik nusantara.
· Tahan Lama
Bouqet bunga ini dapat bertahan lama Karena bahan baku yang digunakan yaitu kain flannel dan kertas origami.
· Bahan baku mudah di dapat
Bahan baku utama pembuatan bouqet bunga ini adalah kertas dan kain flannel. Bahan – bahan terseebut sangat mudah di dapatkan.
b. Weakness (Kelemahan)
· Belum memiliki cukup pengalaman
· Pengalaman untuk memulai usaha yang masih sangat minim merupakan suatu kelemahan yang harus diatasi.
2. Faktor Eksternal
a. Opportunities (Peluang)
· Sistem pemasaran
Pemasaran yang akan kami
lakukan cukup mudah. Kami akan memasarkannya dilingkungan kampus dan tempat
tinggal.
· Kreativitas
Dengan banyakya variasi bunga yang kami buat
nantinya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan untuk membeli bouqet
bunga kami.
b. Threats (Ancaman)
Bentuk ancaman untuk bisnis
kami adalah semakin banyaknya orang yang membuka bisnis seperti ini, Karena
unruk membuat sebuag bouqet bunga dapat di pelajari dengan mudah. Maka dari itu
kami harus meningkatkan kreativitas agar dapat bersaing dengan pebisnis
lainnnya.
4. Manajemen Tim
A. Struktur Organisasi
Pimpinan :
Anjar Hargiyanto
Manager :
Muhammad Sekti Kesuma
Bagian
Keuangan : Ari Astuti
Bagian
Produksi :
1.
Iis Istianti
2.
Afiaty Jayasari
Bagian
Pemasaran :
1.
Ria Thamara Maretania
2.
Joko Santoso
B. Job Description
a. Pimpinan
Mengatur dan
mengawasi seluruh kegiatan produksi
b. Manager
1. Mengawasi
setiap kegiatan karyawan dan kegiatan yang ada di perusahaan.
2.
Menilai dan mengontrol kinerja
setiap karyawannya.
3.
Menentukan
pengambilan keputusan setiap rencana atau kegiatan perusahaan yang
akan dilaksanakan.
4.
Memberhentikan
karyawan apabila terjadi hal yang dilakukan karyawan yang
dapat merugikan perusahaan.
5.
Menggaji Karyawan
c. Bagian Keuangan
Membuat laporan keuangan setiap
bulan dan melaporkannya langsung kepada manager. Melaksanakan perintah manager
dalam hal penggajian.
Mencatat semua transaksi yang terjadi di perusahaan dengan jelas dan
menghitungnya secara akurat.
d. Bagian Produksi
Memproduksi
bahan baku menjadi barang jadi yaitu masakan.
Mengontrol setiap produksi yang di jual kepada konsumen. Berinovasi setiap saat dari segi cita rasa dan penyajian dengan mengikuti
perkembangan yang ada.
e.
Bagian Pemasaran
Bagian pemasaran bertugas untuk mempromosikan barang
dikhalayak ramai. Bagian pemasaran mengatur dimana wilayah barang akan
dipromosikan.
5. Marketing Plan
A. Jenis
Jenis produksi yang kami buat ini bergerak dibidang florist. Bunganya
tersebut tidak menggunakan bunga asli melainkan terbuat dari kertas, kain
flannel dan lainnya. Produks ini membutuhkan kreatifita dalam membentuk-bentuk
bunganya. Tidak hanya dalam membentuk bunganya tetapi juga bagaimana merangkai
bunga tersebut menjadi sembuah bouqet yang indah. Produksi ini juga bekerjasama
dengan distributor kain yang menyediakan kain-kain daerah.
B.
Target Produksi
Kami mempunyai target dalam
memproduksi bouqet bunga ini berkisaran 8-10 bouqet dalam rentang waktu 1
minggu. Memproduksi satu bouqet bunga dapat menghabiskan waktu kira-kira 3-4
jam untuk membuat satu buah bouqet yang dikerjakan sendiri. Semakin banyak
orang yang membuat tidak menutup kemungkinan semakin banyak bouqet yang
dihasilkan per minggunya.
C.
Target Pasar
Dalam strategi pemasaran,
makna pasar itu begitu luas sehingga pengusaha harus memilih yang tepat pasar
mana yang akan dilayani. Disini kami menfokuskan pembelian ke remaja dan
dewasa. Pada usia-usia ini lebih sering memerlukan produk ini sebagai hadiah.
Tidak menutup kemungkinan untuk kalangan yang lain, melainkan lebih terfokus ke
remaja dan dewasa.
D.
Potensi Bisnis
Produk ini memiliki
peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Karena selain keberadaannya sekarang sangat diminati,
harga dari bouqet bunga ini sangat terjangkau. Bouqet bunga ini juga memiliki
berbagai macam inovasi yang tidak membuat orang bosan untuk membelinya.
E.
Promosi
Promosi sangat penting untuk
proses pemasaran. Promosi sangat mempengaruhi kelancaran dan keberhasilan suatu
usaha. Kami melakukan promosi besar-besaran yang dilakukan saat pertama kali
launching produk dengan memberikan discount 70%. Hal ini bertujuan agar para
masyarakat tau dulu produk yang kami keluarkan. Dengan begitu itu, promosi
produk secara tidak langsung akan
menyebar melalui mulut ke mulut.
Kemudian dilanjutkan dengan
mempromosikan melalu media cetak maupun media sosial. Tidak hanya itu, kami juga
membuat website sendiri untuk melakukan promosi yang juga dapat digunakan untuk
transaksi penjualan bouqet bunga. Serta, mengikuti event-event kreatifitas
mahasiswa maupu bazar untuk mempromosikan jualan ini ke masyarakan luas.
6. Finansial Plan
Analisis Biaya dan Keuntungan
1. Biaya Tetap
(Fixed cost)
Berikut adalah alat yang dibutuhkan
untuk memproduksi bouqet bunga:
No |
Nama Barang |
Jumlah Barang |
Harga Satuan |
Jumlah Harga |
1 |
Gunting |
2 buah |
Rp.5.000 |
Rp.10.000 |
2 |
Alat lem tembak |
1 buah |
Rp.30.000 |
Rp.30.000 |
3 |
Pemotong Kertas |
1 buah |
Rp.200.000 |
Rp.200.000 |
4 |
Penggaris |
2 buah |
Rp.2.500 |
Rp.5.000 |
TOTAL |
Rp.245.000 |
2. Biaya
Variabel (Variable cost) - Per Produksi
No |
Nama Barang |
Jumlah Barang |
Harga Satuan |
Jumlah Harga |
1 |
Kain flanel |
3 meter |
Rp.15.000 |
Rp.45.000 |
2 |
Premium Paper |
1 Rim |
Rp.60.000 |
Rp.10.000 |
3 |
Kain Motif |
5 meter |
Rp.60.000 |
Rp.300.000 |
4 |
Tangkai lidi |
3 Pack |
Rp.8.000 |
Rp.24.000 |
5 |
Pita |
1 rol |
Rp.15.000 |
Rp.15.000 |
6 |
Refil lem tembak |
4 buah |
Rp.1.500 |
Rp.6.000 |
7 |
Permata plastik |
5 Pack |
Rp.10.000 |
Rp.50.000 |
8 |
Kertas Tisu |
1 lusin |
Rp.30.000 |
Rp.30.000 |
9 |
Lem fox |
1 Botol |
Rp.16.000 |
Rp.16.000 |
10 |
Pita Perekat |
3 rol |
Rp.3000 |
Rp.9.000 |
TOTAL |
Rp.505.000 |
3. Biaya Total
§ Biaya
total = Fixed cost + Variable cost
= Rp.245.000 + Rp.505.000
= Rp. 750.000
4. Biaya dan Harga Per Unit
a.
Biaya tetap
yang dibutuhkan untuk 1 kali produksi adalah
Rp.
245.000 : 10 Kali = Rp. 24.500
b.
Total biaya
produksi yang dikeluarkan per produksi
= Rp 24.500 + Rp 505.000 =
Rp 529.500
c.
Biaya per
unit adalah Total biaya produksi dalam 1 kali produksi : jumlah produk yang
dihasilkan per bulan
Rp 529.500 : 10 = Rp. 52.950
d.
Harga jual
per buah Rp 65.000
5.
Modal Awal
Modal awal = Total Biaya Tetap + Biaya Variabel untuk
1 kali produksi
= Rp.245.000 + Rp.505.000
= Rp.
750.000
6. Analisis Titik Impas (Break
Even Point)
§ BEP
harga = Total biaya produksi
untuk 1 kali produksi : Produksi
= Rp.505.000 :
10 buah = Rp 50.500
§ Harga
jual per unit Rp 65.000
BEP produksi = Total biaya produksi untuk 1 kali produksi : Harga per unit
= Rp.505.000 : Rp 65.000 = 8 buah
Jadi, agar dapat mencapai titik
impas maka dalam 1 bouqet bunga yang harus terjual adalah 8 buah dengan harga
per buah adalah Rp 65.000
7. Analisis Keuntungan
§
Pendapatan : Bouqet yang terjual x harga jual = 10 x Rp 65.000
= Rp. 650.000
§ Total
biaya produksi dalam 1 kali produksi : Rp.505.000
§ Keuntungan=
Pendapatan –Total biaya produksi
= Rp 650.000 – Rp. 505.000
=
Rp 145.000
Jadi, keuntungan yang diperoleh dengan menjual 10
bouqet bunga dengan harga
Rp 65.000 per buah dalam 1 kali produksi adalah Rp 145.000
8. Pengembalian Modal
Total biaya Produksi : Laba usaha = Rp. 750.000 : Rp 145.000
= 5 kali produksi
Jadi modal akan kembali dalam jangka waktu 5 kali
produksi.
7. Operation & Manajemen
A. Rencana Penjualan
Penjualan bouqet bunga ini kedepannya akan terus mengeluarkan
variasi-variasi terbaru. Mulai dari segi bentuk bunga, bahan yang dipakai,
warna yang lebih bermacam-macam serta kain-kain daerah sebagai pembungkusnya
yang akan lebih banyak lagi. Permintaan-permintaan dari costumer akan dicoba
untuk di realisasikan. Tidak hanya itu, bouqet ini juga dijual secara online
hal ini tidak menutup kemungkinan untuk penjualan antar kota dan antar negara.
B. Strategi pemasaran
Penjualan bouqet bunga ini
sudah ramai diperbincangkan. Tidak hanya ada satu dua toko yang menjual produk
ini. Namun dari semua toko hanya kami yang memberikan pelayanan costumer dapat
mendesign sendiri bouqet bunganya berbasis online, sehabis itu kami yang akan
mengimplementasikan. Tujuan dibuat seperti ini agar costumer tidak khawatir
atas hasil yang dibuat. Dari pengalaman banyak penjual bouqet bunga tidak sama
hasilnya dengan gambar yang diperlihatkan
C. Produk
Produk bouqet bunga yang kami
jual berbeda dari yang lainnya. Selain lebih banyak varian bunga yang kami
berikan, kami juga menambahkan inovasi baru yaitu pembungkus bunga tersebut
tidak hanya menggunakan kain flannel biasa. Disini kami membuat pilihan kain
pembungkus yang terdiri dari kain-kain dari daerah-daerah yang berada di
Indonesia. Sebagai contoh, kain batik juga bisa digunakan untuk membungkus
bouqet bunga tersebut yang bisa digunakan di acara-acara formal ataupun
pemerintahan. Kain-kain daerah seperti songket juga bisa yang dapat digunakan
di acara-acara adat.
D. Harga
Dalam penentuan harga bouqet
bunga ini, tergantung dari variasi-variasi yang dipilih, kain yang digunakan
serta ukuran bunga yang diinginkan. Rentang harga bisa ribuan hingga ratusan.
Harga dimulai dari 10 ribu untuk model bunga yang dibeli per tangkainya,
sedangkan bouqet dimulai dari harga 20 ribu. Kemudian untuk pemesanan bouqet
bunga dengan kain-kain daerah, harga juga ditentukan berdasarkan kesulitan
mendapatkan kain tersebut.
Strategi dari segi harga ini
yang dilakukan adalah adanya pemotongan harga jika costumer membeli lebih dari
5 bouqet. Costumer akan mendapatkan potongan harga mulai dari 10%. Selain itu
kami juga akan membuat sistem “ajak teman”. Jika costumer berhasil mengajak
temannya untuk membei bouqet bunga di toko kami, dia akan mendapatkan potongan
harga sebesar 5% berlaku kelipatan setiap orangnya dengan transaksi yang
berbeda.
E. Pengembangan Wilayah Pemasaran
Untuk pertama-tama pemasaran
akan dilakukan didaerah sekitar tempat tinggal maupun kampus.
F. Sumber Keuangan dan Permodalan
Pemodalan untuk membuka usaha
ini didapat dari tabungan angggota kelompok. Pengumpulan modal kami mulai sejak
pertama kali ide ini dibuat. Semua anggota berpartisipasi dalam pengumpulan
modal.
Komentar
Posting Komentar